Manfaat BUMDES bagi Masyarakat Desa Sumbermulyo, Part 8

Oleh 7 July 2016

Desa Sumbermulyo memiliki BUMDes yang bernama Sumbermulyo Mandiri. BUMDes ini baru berdiri pada tahun 2014. Sumbermulyo Mandiri mengelola usaha bernama Embung Merdeka. Keberadaan Embung ini telah ada sejak tahun 2013 sebelum adanya BUMDes. BUMDes Sumbermulyo Mandiri belum memberikan hasil usaha dan berkontribusi kepada PADes karena masih dalam tahap perintisan, sehingga masih membutuhkan modal investasi untuk pengembangannya.

Secara finansial, Embung Merdeka belum memberikan manfaat kepada masyarakat, namun dari sisi pertanian, embung bermanfaat untuk pengairan sawah dan mengurangi konflik karena air. Embung ini juga berguna untuk penyediaan air bersih dan juga mengurangi hama tikus. Pada awalnya embung ini adalah milik bersama dari warga Sumbermulyo. Warga bebas dan leluasa dalam mengelola embung, namun setelah dijadikan aset BUMDes, pengelolaan Embung Merdeka berada di tangan Pemerintah Desa. Keputusan terkait penggunaan embung sangat tergantung keputusan dari Pemerintah Desa.

Semua partisipan yang diwawancara dalam penelitian ini menuturkan bahwa BUMDES Sumbermulyo Mandiri belum memberikan manfaat nyata kepada masyarakat, terutama jika dikaitkan dengan kesejahteraan. Hal ini dikarenakan BUMDes tersebut belum memiliki keuntungan. Warga mengatakan belum adanya fasilitas dari BUMDes yang mendukung kesejahteraan warga, BUMDes belum ada penghasilan yang dapat digunakan untuk memberi dana pada kegiatan yang dilakukan masyarakat.

Beberapa partisipan menuturkan bahwa BUMDes belum bermanfaat bagi masyarakat dikarenakan hanya sedikit warga sekitar yang menjadi karyawan BUMDes. Mayoritas karyawan BUMDes berasal dari Dusun Gunungan. Pengelola BUMDes juga sebagian besar adalah PNS yang memang tupoksinya adalah pamong BUMDes.

Silahkan unduh file pdf BUMDes: Kewirausahaan Sosial Yang Berkelanjutan.