Manfaat BUMDes bagi Masyarakat Desa Ponjong, Part 4

Oleh 2 June 2016

Desa Ponjong memiliki BUMDes bernama Hanyukupi yang telah berdiri dari tahun 2011. BUMDes ini mengelola pariwisata dengan aset yang bernama Water Byur. Hanyukupi mengklaim mampu mendatangkan wisatawan ke Desa Ponjong, menggerakkan ekonomi, dan menyerap tenaga kerja. BUMDes juga menambah Pendapatan Asli Desa (PADes).

BUMDes telah melakukan beberapa kegiatan sosial seperti pemberian kambing kepada warga tidak mampu, pemberian bea siswa kepada anak sekolah dan menyediakan kios bagi warga. Dari sisi pengelola menyatakan bahwa BUMDes telah bermanfaat bagi masyarakat, namun sebagian besar partisipan yang bukan pengelola menyatakan bahwa BUMDes tidak membawa manfaat dari sisi ekonomi.

Partisipan penelitian ini mengatakan bahwa pengguna dari kios yang ada di Water Byur adalah orang-orang yang berasal dari luar Desa Ponjong. Ada pula yang mengatakan bahwa pengguna kios adalah orang yang berelasi dengan pengelola. Dalam hal sisi perekrutan tenaga kerja, partisipan menuturkan adanya ketimpangan dimana warga sekitar tidak diberdayakan sebagai karyawan BUMDes. Banyak warga yang menganggap proses rekrutmen karyawan tidak transparan.

Omset dari BUMDes Hanyukupi kurang lebih 200 juta rupiah per tahun. Pada tahun 2014 BUMDes Hanyukupi dapat memperoleh sisa hasil usaha (SHU) sebesar Rp 88.000.000,- yang merupakan hasil bersih dari usaha. Hasil bersih dari BUMDes dialokasikan sebesar 20% untuk Desa, BKM 20%, BUMDes 20%, kemudian Dusun 15%. Jumlah yang cukup besar, namun ada beberapa partisipan yang menyatakan bahwa kontribusi BUMDes ke pedukuhan berkisar Rp.150.000,- per tahun.

Hal ini perlu diperdalam lagi karena menyangkut akuntabilitas dari BUMDes dan kepercayaan masyarakat kepada BUMDes. Beberapa partisipan juga mengharapkan adanya peninjauan kembali proporsi pembagian SHU, dimana Dusun yang bersentuhan langsung dengan masyarakat hanya mendapat sedikit dari bagian SHU. Kecilnya alokasi untuk pedukuhan ini menjadi salah satu faktor penyebab masyarakat tidak merasakan manfaat dari keberadaan BUMDES.

Silahkan unduh file pdf BUMDes: Kewirausahaan Sosial Yang Berkelanjutan.