Realisasi Dana Desa Difokuskan Pembangunan Fisik

Oleh 5 November 2015

SLEMAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman meminta jajaran pemerintah desa yang ada di wilayahnya untuk mengalokasikan dana desa dalam kegiatan pembangunan fisik. Hal tersebut dilakukan untuk percepatan realisasi penggunaan dana desa.

Penjabat Bupati Sleman, Gatot Saptadi mengatakan kegiatan pembangunan fisik di tingkat desa sangat berbeda dengan pembangunan fisik yang dilaksanakan di tingkat kabupaten. Hal ini lantaran dana desa dapat langsung dialokasikan oleh pemerintah desa dengan melibatkan masyarakat.

“Memang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, namun di tahap awal program dana desa ini pemerintah desa diminta untuk fokus pada pembangunan fisik. Manfaat positifnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” paparnya, Rabu (4/11/2015).

Menurutnya pembangunan fisik juga mempermudah pemerintah desa dalam merealisasikan dana desa. Pasalnya dengan pembangunan fisik, pemerintah desa hanya membutuhkan perencanaan yang sederhana dibandingkan dengan kegiatan lainnya.

“Apalagi ini awal penggunaan dana desa yang manajemennya langsung diatur oleh pemerintah desa sendiri. Di sisi lain, kegiatan ini juga mempercepat serapan dana desa, sehingga pemerintah desa dapat mempersiapkan untuk program dana desa di tahun depan,” ungkapnya.

Gatot menambahkan pihaknya optimis penggunaan dana desa dapat terealisasi termasuk termin ketiga yang akan segera cair. “Walaupun waktu realisasi tinggal satu bulan, kami yakin dapat terealisasi seluruhnya,” katanya.

Diolah dari sumber: tribunnews.com, 4 November 2015.