Kemendes Gandeng BUMN Berdayakan Desa

Oleh 20 August 2015

JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi menjelaskan pentingnya peran BUMN untuk turut serta memberikan kontribusi dalam pemberdayaan desa.

“Kemarin kita sudah melakukan MoU dengan BRI dan Bulog. Kedepan, kita akan terus membangun kerjasama dengan beberapa BUMN untuk membantu percepatan pembangunan di perdesaan,” ujar Menteri Marwan, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (18/8/2015).

BUMN dan beberapa perusahaan swasta lainnya, menurut Menteri Marwan harus bisa memberikan kontribusi lebih terhadap pemberdayaan desa melalui program corporate sosial responsibility (CSR) yang dimilikinya.

“Banyak desa yang bisa mengembangkan produktifitasnya karena dibantu oleh program CSR yang dipunyai perusahaan dibawah BUMN ataupun perusahaan swasta lainnya,” tandasnya.

CSR yang dimiliki BUMN, menurut Menteri Marwan, harus bisa tersalurkan secara tepat kepada masyarakat desa dan bisa menunjang penguatan perekonomian masyarakat desa.

Penguatan ekonomi masyarakat perdesaan, imbuh Marwan nantinya bisa diukur dari produk yang dihasilkan masyarakat perdesaan. “Salah satunya adalah program ‘one village one product’ sebagai salah satu indikasi produktifitas dan penguatan perekonomian desa,” tandasnya.

Diolah dari sumber: okezone.com, penulis: Fahmi Firdaus, 18 Agustus 2015