Dana Aspirasi Hanya Celengan Suap DPR untuk Rakyat

Oleh 15 June 2015

Skalanews – Direktur for Center Budget of Analysis, Uchok Sky Khadafi menyatakan, dana aspirasi yang diusulkan oleh DPR hanyalah celengan suap kepada masyarakat untuk maju pada Pemilu ke depan.

Dana aspirasi ini hanya untuk dana suap dari DPR untuk warga. Dana ini diharapkan menjadi dana celengan agar suatu saat nanti, warga yang menerima dana celengan ini mematuhi apa kehendak politik DPR. Pasalnya, Uchok melihat, dari skema dana yang diambil dari anggaran APBN hanyalah sebuah imbalan kepada rakyat untuk kepentingan anggota sendiri.

Uchok berpendapat, jauh lebih tepat jika anggota DPR memperjuangkan penyaluran dana desa yang sudah ada dapat diterima tepat sasaran. Bahkan, jika diperlukan, penyaluran dana desa ini ditingkatkan dari sebelumnya. Dana aspirasi bukan untuk membangun kebutuhan rakyat atau kepentingan rakyat agar bisa sejahtera.

Badan Anggaran DPR RI meminta dana aspirasi daerah pemilihan dinaikkan hingga Rp 15 miliar sampai Rp 20 miliar per anggota. Jika dikalikan 560 anggota DPR yang ada, estimasi total dana aspirasi mencapai Rp 11,2 triliun.

Ketua Badan Anggaran DPR Ahmadi Noor Supit mengatakan, dana aspirasi nantinya disetorkan ke pemerintah daerah sehingga tidak ada kesempatan bagi anggota DPR untuk melakukan penyelewengan dana.

Diolah dari sumber: skalanews.com, penulis: Bisma Rizal, 14 Juni 2015